Kamis, 11 Desember 2014

RANGKUMAN TIK materi Internet



Mungkin masih ada yang bertanya – tanya apa sebenarnya yang dimaksud dengan internet. Atau ketika ditanya tentang internet cuma bisa bingung tidak tahu bagaimana menjelaskannya. Jadi,  Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia, hubungan itu memungkinkan terjadinya tukar menukar data dan informasi dengan sangat cepat.

Disamping itu perlu pula diketahui tentang hardware apa yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet. Berikut adalah beberapa alat yang harus tersedia agar bisa menggunakan internet.
Pada dasarnya yang dibutuhkan adalah :
1.       Sebuah perangkat computer atau laptop atau pun juga HP yang bisa digunakan mengakses internet
2.       Modem baik internal maupun eksternal. Pada laptop biasanya modem adalah type internal yaitu terletak didalam casing laptop dan sudah ada sejak dari pabrik, sedangkan computer Desktop (biasa) umumnya menggunakan modem eksternal (penjelasan lebih lanjut pada paragraph berikutnya)
3.       Saluran telepon sebagai jalur lalu lintas data,
4.      ISP (Internet Service Provider) yaitu penyedia layanan internet yang juga akan memberikan User Id dan Password untuk digunakan mengakses internet. (Penjelasan ada pada paragraph selanjutnya)
Salah satu alat yang sangat penting adalah  MODEM. Apa dan bagaimana modem itu bekerja. MODEM adalah singkatan dari Modulator Demodulator suatu alat yang berfungsi mengubah sinyal digital dari computer menjadi sinyal analog (suara) agar dapat dikirim melalui saluran telepon sekaligus juga mengubah sinyal analog (suara) menjadi sinyal digital agar bisa diolah oleh computer.
Hal yang tak kalah penting adalah adanya ISP (internet Service Provider) atau penyedia layanan internet. Dalam hal ini perusahaan yang menyediakan layanan untuk tersambung ke internet. Untuk  wilayah Majene dan sekitarnya itu seperti PT. Telkom lewat layanan SPEEDY dan Telkomnet@instan. Jadi, untuk bisa mengakses internet kita harus mendaftar dulu untuk mendapatkan sambungan melalui saluran telepon dan juga kita akan diberi User Id dan Password
Karena menggunakan saluran telepon maka setiap computer atau jaringan komputer yang mengakses internet harus memiliki nomor unik agar dapat dikenal dan berkomunikasi satu sama lain dengan aman. Semacam nomor telepon. Ini yang disebut dengan alamat IP (IP Address). Biasanya berbentuk angka seperti 202.123.41.52 . tapi kendala kemudian adalah kita pasti kesulitan untuk menghapal nomor komputer yang ada di internet diseluruh dunia maka digunakan istilah “nama domain”, yaitu nama atau alamat yang lebih mudah diingat misalnya www.Telkom.co.id atau yang sedang popular www.facebook.com. Setiap kita mengetik alamat itu maka computer kita akan terhubung ke Komputer server yang ada di perusahaan yang mengelola alamat tersebut.
Komputer server adalah computer berukuran lebih besar dari computer biasa yang memiliki kemampuan untuk berhubungan dengan banyak computer secara bersamaan dengan kecepatan yang stabil. Harganya lebih mahal sehingga biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang besar yang memerlukan pengolahan data yang banyak dan besar pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar