Selasa, 29 Agustus 2017

Cek Data Penduduk



Bagaimana melakukan cek data kependudukan anda pada layanan Kependudukan dan Catatan Sipil ?

Itu pertanyaan yang mungkin muncul dibenak anda. Sebagai pengguna Internet, kemudahan memperoleh akses terhadap begitu banyak data menimbulkan rasa penasaran apakah mungkin kita sebagai penduduk Indonesia bisa melakukan akses secara mandiri untuk mendapatkan data kependudukan minimal untuk diri sendiri.
Maraknya aksi penipuan sebenarnya bisa diminimalisir antara lain jika data kependudukan bisa diakses secara realtime. Misalnya, ada orang yang menawarkan bisnis, kita bisa mengecek status kependudukan orang tersebut secara online sehingga jika ada yang mencoba menipu bisa langsung diketahui.
Saya mencoba membuka website resmi DUKCAPIL pusat http://dukcapil.kemendagri.go.id/ tapi yang muncul kemudian cukup mengecewakan. Pada running text tertulis bahwa “layanan Cek NIK online kami tiadakan untuk mencegah penyalahgunaan “
Sebenarnya bagi pengguna Android ada aplikasi cek data yang bisa digunakan untuk mengecek data dengan memasukkan NIK, namun data yang muncul sangat terbatas. Misalnya, aplikasi yg bernama Cek KTP hanya memuat nama, NIK dan Alamat. Yang aneh adalah alamat saya masih menggunakan alamat lama padahal saya sudah mengantongi KTP dengan alamat baru, ini bisa berarti bahwa data pada aplikasi ini tidak up to date.
Mudah – mudahan kedepan DUKCAPIL bisa membuat aplikasi yang bisa melakukan cek langsung tentu saja dengan tingkat keamanan yang maksimal. Pastinya tidak ada yang mau jika data kependudukan kita diacak  - acak orang lain untuk kepentingan yang tidak baik.
Baruga, 29 Agustus 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar